INVESTASI RUMAH JOGJA
Dapatkan Info Investasi Rumah dan Tanah Jogja Terupdate di situs kami
Pesan Sekarang

Bagaimana Bentuk Rumah Sederhana Ukuran 6x9 yang Tepat

Bentuk rumah sederhana ukuran 6x9 merupakan bentuk rumah pada lahan yang ukuran kavlingnya 6 meter dengan panjang 9 meter. Ukuran kavling 6x9 ini memang banyak dijual, terutama di area perumahan. Peruntukannya memang untuk rumah tinggal. Walau ukurannya kecil, namun banyak yang memilih kavling 6x9 karena harganya terjangkau. Untuk membentuk denah rumah ukuran 6x9 agar terlihat luas, simak penjelasan di bawah ini.

Tips Bentuk Rumah Sederhana Ukuran 6x9
Rumah memang merupakan salah satu kebutuhan pokok yang seharusnya dipenuhi. Setiap orang atau setiap keluarga pasti membutuhkannya. Maka dari itu, banyak orang yang saat ini mulai mencari cara untuk memiliki rumah sendiri. Salah satunya dengan KPR. Namun KPR itu tentu tidak selamanya menguntungkan, karena rumah KPR biasanya desainnya sederhana dan berasal dari perumahan.
Berbeda dengan ketika membangun sendiri rumah. Walau tidak memiliki tapak yang luas, dengan membangun sendiri rumah, tentu akan ada banyak keuntungan yang didapatkan. Salah satu kavling tanah yang saat ini laku terjual adalah kavling 6x9. Rumah sederhana pada kavling 6x9 memang memiliki keterbatasan untuk dieksplor lebih jauh, karena ukuran yang kecil memang lebih sulit diolah.
Namun jika pengolahan ruangan itu tepat, kavling 6x9 akan bisa diolah menjadi sebuah bentuk rumah sederhana tapi elegan. Hal yang perlu diperhatikan tentu saja tata kelola ruangan tersebut. Jika kavling tidak cukup luas untuk memenuhi kebutuhan, biasanya lebih baik membuat rumah dua lantai. Atau membuat dulu rumah satu lantai dengan tujuan pengembangan lantai kedua di masa yang akan datang.
Trik Mengatasi Rumah 6x9 agar Terlihat Luas
Bentuk rumah sederhana ukuran 6x9 memang tidak memberikan banyak ruang, karena keterbatasan luas lahan. Namun beberapa cara berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasi kesan sempit tersebut agar rumah terlihat luas.
1.      Warna terang untuk cat
Jika dibandingkan dengan warna gelap, warna terang akan memberikan kesan luas yang lebih baik. Oleh karena itu, jika memiliki rumah 6x9 yang tidak begitu luas, lebih baik memilih cat dinding dengan warna terang. Warna terang tidak melulu harus menggunakan warna putih. Gunakan saja warna sesuai selera, asalkan warna tersebut bukan warna gelap.
2.      Memanfaatkan ruang luar rumah
Salah satu cara untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang dalam dengan baik adalah mulai memikirkan cara untuk memanfaatkan ruang luar rumah. Misalnya dengan membentuk kosep ruang tamu foyer atau ruang tamu di depan teras. Dengan demikian, ruang tamu yang sesungguhnya bisa difungsikan untuk ruang lain seperti ruang keluarga atau ruang makan. Atau bisa juga dengan membangun dapur di luar rumah, sehingga ruang dalam rumah terlihat lebih bersih dan lapang.
3.      Memasang cermin
Trik memasang cermin ini bisa dilakukan, terutama jika memiliki denah rumah 6x9 2 kamar tidur. Pasang cermin di beberapa dinding ruangan. Keberadaan cermin memantulkan sisi lain ruangan, dan hal ini akan memberikan kesan yang lebih luas. Cermin juga bisa memantulkan cahaya, sehingga sebaran cahaya dalam ruang akan lebih rata.
4.      Memanfaatkan sudut ruangan
Jika memiliki sudut ruang yang tidak terpakai, bisa saja sudut ruangan itu diolah menjadi sebuah spot yang lebih bermanfaat, misalnya dengan memasang rak atau meja yang bisa digunakan untuk meletakkan pajangan atau benda lainnya. Sudut ruangan juga bisa dijadikan tempat menaruh payung atau sebagai rak sepatu. Namun penataannya harus rapi dan bersih.
5.      Memanfaatkan area mati
Area mati seperti area di belakang pintu atau area di atas kloset bisa dimanfaatkan. Cari alternatif pemanfaatan area mati dengan desain terbaru. Area mati di bawah tangga juga bisa diolah agar menjadi lebih fungsional. Misalnya dengan membuat lemari di bawah area tangga, atau membuat ruangan penyimpanan benda bekas di sana.
6.      Perabot pintar
Beberapa desainer interior menyarankan penggunaan perabot pintar untuk mengatasi rumah dengan ukuran sempit. Perabot pintar yang dimaksud bisa saja dalam bentuk perabot yang bisa dilipat-lipat, sehingga ketika tidak digunakan bisa disimpan agar ruangan terasa luas. Atau bisa juga dengan menata ruang dengan ranjang gantung, agar bagian bawah ranjang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari. Atau bisa juga dengan bentuk tangga yang bisa dipindah-pindah, atau anak tangga yang bisa berfungsi sebagai laci.
7.      Pilihan produk elektronik
Pilihan produk untuk elektronik juga harus disesuaikan dengan ruangan. Saat ini banyak perabot elektronik mini yang praktis dan cocok untuk rumah sempit, seperti televisi yang dipasang di dinding, penyedot debu yang langsing, setrika uap yang bentuknya lebih praktis, dan masih banyak lagi.
Demikianlah bentuk rumah sederhana ukuran 6x9 dan beberapa tips untuk mengatasi rumah kecil agar terlihat luas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk banyak pihak.

No comments

Post a Comment

Tentang Kami


Kami adalah Situs khusus Jual Beli

Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta.



Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah


untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



Formulir Kontak

© InvestasiRumahJogja.com All Rights Reserved (Invetsasi Rumah untuk Kost, Tips Jual Beli)