INVESTASI RUMAH JOGJA
Dapatkan Info Investasi Rumah dan Tanah Jogja Terupdate di situs kami
Pesan Sekarang

Ini Bedanya Keuntungan Membeli Rumah Baru dan Rumah Bekas

Ini bedanya keuntungan membeli rumah baru dan rumah bekas yang harus Anda ketahui untuk mempertimbangkan rumah seperti apa yang dibutuhkan. Membeli rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Hal inilah yang sering menjadi alasan banyak orang lebih memilih rumah bekas karena harganya yang lebih murah.


Ini Bedanya Keuntungan Membeli Rumah Baru dan Rumah Bekas
Rumah menjadi kebutuhaan pokok bagi manusia. Fungsi rumah adalah sebagai tempat tinggal, tempat berteduh, dan lain sebagainya. Kebanyakan orang membeli rumah dengan menggunakan fasilitas bank berupa KRP. Dengan adanya KPR maka pembayaran akan terasa lebih ringan karena kita bisa menyicil biayanya sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Namun, tetap saja bedanya keuntungan membeli rumah baru dan rumah bekas yang haru diketahui.
1.      Fasilitas lingkungan
Lingkungan sekitar menjadi salah satu hal yang penting dalam membeli rumah dengan KPR. Terkadang rumah baru belum memiliki tetangga ataupun jalan yang bagus menuju pusat kota. Berbeda dengan rumah bekas di mana lingkungannya sudah terbangun dengan baik, seperti tetangga, jalanan, fasilitas umum dan lain sebagainya. Hanya saja, Anda harus bisa memilih lingkungan tetangga yang baik. Hindari memilih lingkungan yang terdapat banyak preman atau angker. Pastikan jika rumah Anda berada di lingkungan yang baik untuk tempat tinggal. Pilih mana? Rumah baru atau rumah bekas.
2.      Harga
Pada umumnya, orang-orang yang hendak membeli rumah menggunakan layanan bank berupa KPR. Menyicil rumah akan terasa lebih ringan dalam hal biaya. Besar kecilnya cicilan yang harus dibayarkan sesuai dengan harga rumah yang kita beli dan jangka waktu pembayaran. Rumah yang baru tentu saja memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan rumah bekas. Rumah baru maka fasilitas dan bangunannya masih baru jadi terlihat masih bagus. Meskipun demikian, masih banyak rumah bekas yang memiliki tampilan bagus dan berkualitas. Jika dilihat dari harganya, rumah bekas biasanya menawarkan harga yang lebih bersahabat. Harga tidak hanya ditentukan dengan apakah itu rumah baru atau rumah bekas, tapi masih ada hal lain yang memengaruhi harga rumah.
3.      Keamanan
Pada umumnya, KPR untuk rumah baru berupa cluster jadi pintu gerbang hanya tersedia satu sehingga keamanan lebih terjaga dengan baik. Selain itu, ada petugas 24 keamanan yang berjaga di gerbang. Sebenarnya hal ini juga berlangsung pada rumah bekas karena merupakan keuntungan membeli rumah baru dan rumah bekas. Kemamanan bisa didapatkan dari petugas keamanan yang berjaga di depan gerbang. Hal ini menyebabkan mobilitas di depan gerbang terbatas jadi suasana rumah akan terasa lebih tenang sehingga cocok untuk istirahat. Untungnya, KPR sekarang bisa digunakan untuk rumah baru ataupun rumah bekas jadi lebih memudahkan. Sebelum mengambil KPR ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu keuntungan dan kerugian penggunaan KPR untuk kedua jenis bangunan rumah ini.
4.      Fasilitas rumah
Penting bagi Anda untuk mengetahui bagaiman fasilitas rumah terlebih dahulu. Dengan fasilitas yang lengkap maka Anda akan merasa nyaman tinggal di rumah tersebut. Beberapa fasilitas yang perlu dicek adalah listrik, air, dan sambungan telepon. Biasanya fasilitas tersebut sudah tersedia di rumah bekas yang hendak Anda beli. Baru kemudian Anda bisa mengisi rumah dengan berbagai perabotan yang dibutuhkan, seperti meja, kursi, ranjang, TV dan lain sebagainya. Jika semuanya sudah dipastikan dan tidak ada masalah maka Anda bisa memutuskan pengajuan KPR. Jangan sampai pengajuan KPR sudah terjadi tapi Anda  baru tahu jika ada masalah pada fasilitas rumah tersebut.
5.      Dana renovasi
Rumah bagus biasanya memiliki kualitas yang masih bagus jadi jarang untuk dilakukan renovasi. Berbeda dengan rumah bekas yang biasanya memiliki sedikit keluhan fisik, seperti cat yang sudah mengelupas, dinding retak dan lain sebagainya. Inilah beda membeli rumah baru dan rumah bekas.
6.      Desain rumah
Rumah baru biasanya dibangun dengan tren yang modern jadi desain rumah terlihat lebih terkini. Berbeda dengan rumah bekas di mana pembangunan terjadi beberapa tahun yang lalu. Tren pada masa itu bisa jadi berbeda dengan zaman sekarang jadi kemungkinan besar desain rumah bekas akan ketinggalan zaman. Namun, hal ini bisa diantisipasi dengan mendekor atau mendesain ulang rumah bekas tersebut menjadi lebih terkini. Jika pun tidak, rumah dengan desain kuno masih bisa terlihat cantik dan rapi jadi Anda tinggal membenahinya agar terlihat lebih baru lagi.
7.      Garansi
Pengajuan KPR rumah baru biasanya disertai dengan garansi jadi ketika ada kerusakan pada rumah maka Anda tinggal membuat klaim atas kerusakan tersebut. Pembenahan rumah baru yang masih dalam masa garansi biasanya tidak membutuhkan pengeluaran uang dari Anda. Berbeda dengan rumah bekas yang tidak memiliki garansi maka kerusakan rumah ditanggung oleh pembeli.
Demikianlah bedanya keuntungan membeli rumah baru dan rumah bekas yang dapat membantu pertimbangan Anda.

No comments

Post a Comment

Tentang Kami


Kami adalah Situs khusus Jual Beli

Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta.



Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah


untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



Formulir Kontak

© InvestasiRumahJogja.com All Rights Reserved (Invetsasi Rumah untuk Kost, Tips Jual Beli)