INVESTASI RUMAH JOGJA
Dapatkan Info Investasi Rumah dan Tanah Jogja Terupdate di situs kami
Pesan Sekarang

Mendesain Denah Rumah Minimalis 1 Lantai Ukuran 6x12

Denah rumah minimalis 1 lantai ukuran 6x12 banyak dicari oleh orang, karena memang tapak ukuran 6x12 ini cukup ideal untuk membangun sebuah rumah 1 lantai yang bisa memenuhi kebutuhan satu keluarga. Selain itu harga kavling 6x12 cukup terjangkau. Namun untuk mendesain kavling 6x12 dibutuhkan beberapa tips desain rumah sederhana murah agar bisa sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Langkah Mendesain Denah Rumah Minimalis 1 Lantai Ukuran 6x12
Saat ini, khususnya di lingkungan perkotaan, ada sebuah trend membeli rumah atau tanah dengan ukuran kecil atau yang memiliki konsep minimalis. Trend ini muncul karena fenomena semakin sedikitnya lahan untuk perumahan atau hunian, sementara permintaan akan hunian terus meningkat. Maka dari itu, banyak orang yang membeli rumah kecil, karena memang kemampuan finansialnya hanya cukup untuk membeli rumah kecil.
Namun ada juga orang-orang yang lebih memilih membeli tanah dengan ukuran kavling yang kecil atau cukup untuk membangun sendiri rumah. Salah satunya tanah dengan ukuran kavling 6x12. Kavling tersebut akan menghasilkan denah rumah minimalis 1 lantai ukuran 6x12 yang dinilai pas untuk memenuhi kebutuhan satu keluarga.
Namun sebelum benar-benar membuat rumah 1 lantai di atas kavling seluas 6x12, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:
1.      Hanya cukup untuk 2 kamar
Dalam membangun denah pondasi rumah ukuran 6x12, satu hal yang perlu diperhatikan adalah rumah tersebut hanya akan memiliki dua kamar tidur saja. Hal ini berkaitan dengan ukuran tapak yang memang hanya cukup untuk mewadahi 2 kamar tidur. Namun jika ingin membuat rumah dengan 3 kamar tidur, satu-satunya cara adalah dengan membuat rumah dua lantai.
2.      Dibutuhkan penggabungan dua atau lebih fungsi ruang
Dalam rumah dengan ukuran tapak 6x12 juga dibutuhkan penggabungan dua fungsi ruang atau lebih. Biasanya cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan membuat sebuah ruangan yang panjang dan luas, dan ruangan tersebut bisa difungsikan untuk ruang tamu, ruang makan, sekaligus ruang keluarga.
3.      Taman yang tidak begitu luas
Hal lain yang perlu diperhatikan untuk rumah 1 lantai pada ukuran kavling sekian adalah kemungkinan taman yang ada tidak begitu luas. Maka dari itu, calon penghuni rumah wajib memaklumi jika desain yang dihasilkan tidak bisa memberikan taman yang luas.
Setelah mengetahui beberapa hal di atas, sekrang saatnya mengetahui cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk mendesain denah maupun rumah minimalis 6x12 tampak depan. Perhatikan beberapa hal berikut ini:
1.      Daftar anggota keluarga dan program ruang
Langkah pertama sangat perlu untuk mengetahui terlebih dahulu siapa saja yang akan menempati rumah tersebut. Baru dari sanalah bisa didapati kebutuhan ruang apa saja yang harus dipenuhi dalam satu rumah tersebut. Perkirakan juga ukuran standar dari masing-masing ruangan. Misalnya untuk ruang tidur cukup 3 x 3 meter saja, sedangkan kamar mandi cukup dengan kuran 1,5 x 1,5 meter, dan sebagainya.
2.      Membagi tapak dalam beberapa modul
Setelah itu, untuk memudahkan proses desain, gunakan milimeter block. Gambar ukuran tapak sesuai dengan skala. Lalu bagi tapak tersebut dalam beberapa modul. Bisa dengan menggunakan modul 3x3 atau modul 3x4. Untuk modul 3x3, tapak akan terbagi ke dalam 8 kotak modul, sedangkan untuk ukuran modul 3x4, tapak akan terbagi ke dalam 6 modul.
3.      Mengeksplorasi denah sesuai kebutuhan
Setelah itu, lakukan eksplorasi denah sesuai dengan kebutuhan ruang dari program ruang tersebut. Sebisa mungkin, sediakan ruang untuk memarkirkan kendaraan (carport). Walaupun keluarga tersebut belum memiliki mobil pribadi, namun carport itu penting untuk melengkapi kebutuhan akan penyimpanan kendaraan. Karena bisa jadi di masa depan keluarga ini akan memiliki mobil.
4.      Mengisi denah dengan perabot dan bukaan
Setelah melakukan eksplorasi denah dan menemukan denah idaman, isi denah tersebut dengan perabot, notasi pintu, dan notasi jendela. Usahakan perabot ditata dengan sangat baik dan sesuai dengan skala. Hal ini bertujuan untuk memudahkan penghuni rumah untuk melihat apakah denah tersebut sudah efektif atau belum. Jika belum, lakukan eksplorasi denah lagi.
5.      Mengeksplorasi denah tahap akhir
Setelah benar-benar mendapatkan denah yang sesuai, lengkap dengan perabot dan notasi bukaan, cek lagi apakah sirkulasi udara maupun sirkulasi manusia bisa didapatkan dari denah tersebut. Jika belum, lakukan eksplorasi tahap akhir sampai menemukan denah yang sesuai.
Itulah beberapa hal mengenai denah rumah minimalis 1 lantai ukuran 6x12 yang perlu diperhatikan. Ingat selalu untuk mendesain rumah sesuai dengan kebutuhan. Jangan menempatkan ruangan yang boros atau ruangan yang kemungkinan tidak akan terpakai di kemudian hari. Lebih baik menempatkan ruang-ruang secara efektif dan fungsional saja. Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments

Post a Comment

Tentang Kami


Kami adalah Situs khusus Jual Beli

Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta.



Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah


untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



Formulir Kontak

© InvestasiRumahJogja.com All Rights Reserved (Invetsasi Rumah untuk Kost, Tips Jual Beli)