INVESTASI RUMAH JOGJA
Dapatkan Info Investasi Rumah dan Tanah Jogja Terupdate di situs kami
Pesan Sekarang

Tips Penataan Ruang dari Gambar Rumah Minimalis Sederhana

Gambar rumah minimalis sederhana saat ini memang banyak terdapat di internet, sehingga banyak orang yang bisa membuat desain rumah sesuai keinginan dari referensi yang ada. Namun, percuma bisa membangun model rumah sederhana tapi indah jika tidak tahu bagaimana cara menata ruang di dalamnya. Semua itu tetap saja akan memberikan kesan rumah yang sempit dan kacau.

Tips Penataan Ruang dari Gambar Rumah Minimalis Sederhana
Rumah minimalis sederhana merupakan bentuk rumah yang saat ini sedang trend. Hal ini bukan hanya berdasarkan selera masyarakat saja, melainkan karena kebutuhan. Rumah minimalis sederhana memang bukan merupakan model rumah mewah karena biasanya ukurannya kecil dan hanya cukup bisa memenuhi kebutuhan ruang sehari-hari saja. Namun jika diolah dengan baik, rumah sederhana pun bisa menjadi mewah. Berikut ini beberapa tips penataan ruang yang bisa dilakukan.
1.      Pembagian ruang yang baik
Walaupun berada pada tapak yang tidak begitu luas, rumah minimalis sederhana tetap harus bisa memenuhi kebutuhan ruang yang baik oleh penghuni rumahnya. Bagilah ruangan berdasarkan ruangan pokok yang benar-benar dibutuhkan. Biasanya untuk gambar rumah minimalis sederhana ada 4 jenis ruang yang wajib ada, yaitu ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Sedangkan ruang keluarga bisa disatukan fungsinya dengan ruang tamu. Ruang makan bisa disatukan fungsinya dengan dapur.
Ruang-ruang tersebut bisa disatukan tanpa batasan, karena batasan biasanya akan membuat ruangan tersasa semakin sempit. Batas yang dibutuhkan biasanya hanya pada ruang-ruang privat seperti kamar tidur dan kamar mandi saja. Jika memang ruangan tersebut masih terlihat sempit, pasang jendela yang cukup luas untuk memberikan kesan yang lebih luas lagi.
2.      Pemilihan perabot
Untuk rumah sederhana, ada baiknya memilih perabot yang sesuai dengan ukuran ruang. Tidak perlu memilih perabot yang mewah dengan ukuran besar. Demikian pula dalam memilih peralatan elektronik. Pilihlah peralatan elektronik yang sesuai dengan ukuran ruangan. Misalnya dengan memilih televisi yang bisa dipasang di dinding, lemari es yang mini dan minimalis, dan sebagainya.
Selain dari aspek ukuran, perabot yang dipilih haruslah yang bergaya minimalis juga. Pilihlah perabot yang bentuknya sederhana, seperti sofa yang bentuknya sederhana dan elegan, meja yang bentuknya kotak, atau lemari yang tidak memiliki banyak aksen. Perabot yang sederhana akan berguna untuk mempercantik ruangan agar tetap berada pada jalur minimalis dan sesuai dengan konsep ruangan sempit.
Selain itu, gunakan juga perabot yang multifungsi. Misalnya sofa yang bagian bawahnya bisa digunakan untuk menyimpan majalah, dan masih banyak contoh lainnya. Perabot multifungsi akan membuat denah rumah modern minimalis terkesan luas.
3.      Pemilihan warna
Pemilihan warna juga bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan kesan luas atau sempitnya ruangan. Untuk rumah sempit sederhana sebaiknya menggunakan pilihan warna yang cerah namun lembut. Warna cerah dan lembut ini bisa diterapkan di dinding dan lantai. Selain itu, pemilihan warna perabot juga bisa meningkatkan kesan elegan jika dilakukan dengan cara yang tepat.
Untuk bagian eksterior rumah, sebenarnya tidak ada aturan yang jelas mengenai jenis warna yang digunakan. Namun sebisa mungkin jangan menggunakan lebih dari dua atau tiga macam warna. Untuk mempercantik tampilan rumah, gunakan saja dua warna, yang satu warna cerah, dan yang lain adalah warna cenderung gelap. Namun penggunaan warna gelap hanya bisa untuk aksen atau selingan warna saja dan bukan warna utama.
4.      Bentuk atap yang tinggi
Atap yang tinggi tentu saja akan memberikan kesan yang luas serta lapang. Selain itu atap yang tinggi akan memberikan kegunaan secara fisik, yaitu dengan menjadi salah satu bagian dari isolator panas. Atap yang tinggi akan cenderung mampu menurunkan suhu daripada atap yang rendah. Sehingga, keberadaan ruang dengan atap atau plafond tinggi akan menjadi lebih sejuk. Apalagi di negara tropis seperti Indonesia ini.
5.      Taman minimalis
Rumah sempit bukan berarti harus tidak memiliki taman. Sisakan ruang-ruang di luar rumah sebagai media tanaman untuk bisa berkembang. Walau jenis tanaman yang bisa ditanam bukan tanaman tinggi atau tanaman berdaun lebar, keberadaan tanaman kecil sudah cukup mampu memberikan kenyamanan visual bagi penghuni rumah dan tamu yang mampir. Jika memang tidak memiliki ruang yang cukup untuk bercocok tanam, ada baiknya mulai mencari referensi mengenai vertical garden atau taman vertikal yang bisa menghemat ruangan. Saat ini ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membentuk taman vertikal.
Demikianlah beberapa tips penataan ruang dari gambar rumah minimalis sederhana yang bisa dilakukan. Ingat selalu untuk memperhatikan kebutuhan ruang sederhana dan minimalis. Jangan terlalu berlebihan dalam memilih warna dan bentuk perabot. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan tambahan yang bermanfaat.

No comments

Post a Comment

Tentang Kami


Kami adalah Situs khusus Jual Beli

Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta.



Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah


untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



Formulir Kontak

© InvestasiRumahJogja.com All Rights Reserved (Invetsasi Rumah untuk Kost, Tips Jual Beli)