INVESTASI RUMAH JOGJA
Dapatkan Info Investasi Rumah dan Tanah Jogja Terupdate di situs kami
Pesan Sekarang

Tips Rumah Untuk Usaha Kost yang Menguntungkan

Tips rumah untuk usaha kost perlu dipahami secara mendalam oleh pelaku bisnis kost agar keuntungan besar bisa didapatkannya. Membangun atau mengelola usaha kost tidaklah semudah yang dibayangkan. Perlu adanya beberapa cara yang dilakukan agar usaha kita tidak kalah dengan usaha kost orang lain di wilayah yang sama.

Inilah Tips Rumah Untuk Usaha Kost yang Menguntungkan
Persaingan bisnis kost sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Hampir setiap wilayah, terutama di kota pasti memiliki beberapa kost yang bisa dijumpau. Setiap kost tersebut memiliki fasilitas dan harga yang berbeda-beda. Salah satu penyebabnya adalah lokasi tempat kost. Pada umumnya, orang-orang memilih kost karena lebih dekat dengan tempat sekolah ataupun bekerja. Selain itu, kost menjadi tempat yang cocok bagi pasangan muda yang belum memiliki tempat tinggal atau sedang dalam pembangunan rumah. Untuk itu, banyak para pebisnis yang tergiur dengan peluang besar ini untuk membangun usaha kost dan kadang dengan mencari rumah mewah dijual.
Hal ini menyebabkan banyak gedung atau rumah yang kemudian dijadikan kost. Banyaknya pesaing membuat kita harus memutar otak agar usaha kita tidak kalah dengan pesaing-pesaing tersebut. Terlebih jika mereka membangun kost masih satu wilayah dengan kost kita, maka kita harus bisa lebih menarik para penyewa tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan trik khusus agar rumah untuk usaha kost Anda bisa laku. Berikut ini adalah tips rumah untuk usaha kost:
1.      Modal
Untuk membangun usaha rumah kost maka Anda perlu menyiapkan sejumlah modal. Semakin besar rumah kost yang ingin Anda buat maka semakin banyak modal yang harus siapkan. Anda dapat mengumpulkan dana terlebih dahulu atau melakukan pinjaman di bank atau peminjaman uang. Namun, pastikan jika bisnis ini akan menguntungkan dan Anda sudah mempersiapkan segalanya dengan baik agar tidak terjadi kerugian.
2.      Kondisi bangunan
Penggunaan kamar kosong untuk membuat kost mungkin terlihat lebih mudah karena kita hanya tinggal membangun sesuai apa yang diinginkan. Berbeda jika kita membuat kost dari bangunan atau rumah yang sudah ada maka kita harus menyesuaikannya dengan bangunan tersebut. Lihatlah terlebih dahulu apakah rumah tersebut masih layak untuk ditawarkan sebagai rumah dijual untuk kost atau ada beberapa hal yang harus dibenahi terlebih dahulu.
3.      Lokasi dan pangsa pasar
Lokasi menjadi poin penting sebelum Anda membangun rumah kost. Semakin strategis kost maka semakin banyak orang yang akan berminat, seperti misalnya dekat dengan perkantoran, kampus, sekolah, pabrik atau yang lainnya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan usaha serupa di wilayah sekitar agar kita tahu harga pasarannya.
4.      Jumlah kamar
Menentukan jumlah kamar harus disesuaikan dengan lahan yang Anda miliki. Pastikan jika Anda telah membangun jumlah kamar yang pas karena hal ini akan mempengaruhi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Semakin banyak kamar yang dibuat maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan juga semakin besar.
5.      Jumlah kamar mandi
Rumah kost biasanya memiliki beberapa penyewa yang setiap harinya memiliki kepentingan tersendiri, seperti halnya ketika berangkat sekolah atau bekerja maka jamnya pun sering bertabrakan. Hal inilah yang membuat antrian kamar mandi cukup banyak sehingga Anda harus memastikan bahwa jumlah kamar mandinya cukup untuk semua penghuni rumah kost.
6.      Lahan parkir
Pada umumnya, setiap penyewa kost memiliki kendaraan pribadi karena keperluan sesama penyewa di rumah murah untuk kost itu berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa lahan parkir yang disediakan cukup untuk menampung kendaraan mereka. Apabila lahan Anda cukup kecil maka akan lebih baik membangun rumah 2 lantai agar bagian bawahnya bisa digunakan untuk parkir. 
7.      Daya listrik
Jika Anda berniat untuk menyertakan AC sebagai fasilitas kost maka Anda harus memperhatikan besaran daya listrik. Jangan sampai listrik terpaksa mati karena tidak kuat dengan alat-alat yang digunakan, seperti AC.
8.      Keamanan lingkungan
Rumah kost dapat disebut sebagai rumah singgah karena waktu penyewanya lebih banyak dihabiskan di luar rumah sehingga kost sering ditinggalkan oleh penyewa. Untuk itu, Anda harus memperhatikan benar keamanan di rumah tersebut agar tidak terjadi pencurian atau tindak kejahatan lainnya sebagai cara cepat jual rumah. Apabila hal ini sampai terjadi pada rumah kost Anda, maka bisa menurunkan peminat dan harganya.
9.      Harga
Apabila semua hal di atas sudah Anda perhatikan, maka saatnya Anda mempertimbangkan harga yang pas untuk rumah kost Anda. Perhatikan fasilitas dan modal yang sudah Anda keluarkan. Selain itu, Anda juga harus tahu siapa sasaran rumah kost Anda, apakah mahasiswa, pekerja pabrik, keluarga, pekerja kantoran atau yang lainnya. Tentu saja setiap sasaran tersebut memiliki karakteristik tertentu yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan harga.

Demikian tips rumah untuk usaha kost yang bisa diperhatikan ketika beli rumah untuk investasi kos-kosan.

No comments

Post a Comment

Tentang Kami


Kami adalah Situs khusus Jual Beli

Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta.



Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah


untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



Formulir Kontak

© InvestasiRumahJogja.com All Rights Reserved (Invetsasi Rumah untuk Kost, Tips Jual Beli)